Close

5 Alasan Kenapa Setiap Bisnis Harus Melakukan Analisis

Kenapa setiap bisnis harus melakukan analisis? Perlukah melakukan analisis untuk bisnis yang sedang dijalani? Secara sederhana, tentu jawabannya harus melakukan analisis agar usaha dapat berjalan dengan baik dan menghindari kesalahan pengelolaan bahkan analisis data bisnis dapat membantu meningkatkan omset bagi bisnis.

Kenapa Setiap Bisnis Harus Melakukan Analisis? Ini Alasannya!

Bagi rekan calon entrepreneur dan masih belajar, maka harus mengerti betapa pentingnya melakukan analisis terhadap bisnis. Analisis dapat membantu rekan melihat prospek sebuah usaha.

Berikut ini alasan kenapa analisis bisnis sangat penting:

1. Lebih Mudah Mendapat Pelanggan

Agar bisa mendapatkan pelanggan yang terus bertambah, maka rekan perlu menganalisis produk apa yang diminati calon pelanggan dan layak untuk dijual. Ketika produk semakin dibutuhkan dan diminati oleh calon pelanggan, maka tingkat permintaannya juga semakin tinggi dan akan berdampak meningkatnya omset. Analisis ini biasanya dikenal sebagai analisis produk.

2. Membantu Membuat Keputusan

Dalam berbisnis, maka rekan harus mampu mengambil keputusan yang tepat. Apalagi jika bisnis sedang menghadapi tantangan persaingan pasar misalnya. Untuk menyelesaikan tantangan bisnis, rekan pebisnis dituntut harus mampu membuat keputusan yang baik dengan cara menganalisis masalah yang terjadi, dan melihat solusi yang tepat sebelum mengambil keputusan. Analisis seperti ini biasa dikenal sebagai analisis keputusan.

3. Dapat Menekan Risiko yang Ada

Risiko ketika berbisnis tidak dapat terhindarkan. Di sinilah manfaat dari melakukan analisa sangat terlihat. Analisa dapat membantu meminimalisir risiko yang ada di dalam bisnis. Dengan analisa yang benar, maka Anda sudah lebih siap untuk kemungkinan risiko yang muncul. Dengan menghilangkan atau meminimalisir resiko, maka bisnis yang rekan jalani akan lebih mudah dikelola dan dikembangkan. Salah satu contoh analisis resiko adalah resiko gagal bayar terhadap modal pinjaman. Sedapat mungkin jika rekan meminjam tambahan modal untuk pengembangan usaha, harus dapat menghitung kapan jatuh tempo dan skema pembayarannya.  Analisis seperti ini biasa dikenal sebagai analisis resiko.

4. Dapat Membuat Lebih Unggul dari Pesaing

Sebagai pebisnis, rekan juga dituntut dapat mengevaluasi kompetitor untuk memahami langkah yang mereka ambil. Untuk itu, Anda bisa melakukan analisis kompetitor untuk mampu membandingkan performa bisnis Anda. Dengan melakukan analisis ini, rekan dapat membuat inovasi untuk produk barang/jasa yang rekan tawarkan sehingga lebih menarik dan bermanfaat pada calon konsumen.

5. Memaksimalkan keuntungan

Tujuan setiap bisnis / usaha pada akhirnya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Analisis keuntungan adalah metode untuk melihat secara cermat apakah usaha yang dijalani mendapat keuntungan atau tidak. Selain itu, analisis ini juga dapat membantu memaksimalkan keuntungan dengan melihat biaya mana saja yang dapat ditekan, dan potensi produk apa yang dapat ditingkatkan.

Itulah alasan kenapa setiap bisnis harus melakukan analisis. Anda jadi bisa lebih dapat memonitor dengan baik perkembangan bisnis, mengantisipasi resiko kerugian dan kegagalan serta membaca dan memanfaat peluang kemajuan bisnis dalam setiap pengambilan keputusan bisnis.

Kemudian pertanyaannya bagaimana cara melakukan analisis bisnis / usaha. Apa yang harus dilakukan setelah analisis usaha ?

Oke, stay tune di bisnisinternet.id, insyaAllah akan kita bahas di artikel artikel selanjutnya dan semakin menarik. Semoga memberi manfaat bagi kemajuan bisnis rekan-rekan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top