Close
Cara Cari Cuan dengan Bisnis Online

Memahami Apa itu Bisnis Online dan Bisnis Internet

Di artikel perdana ini, saya akan membahas apa itu bisnis online untuk dapat memahami secara menyeluruh. Dan apakah sama antara bisnis online dan bisnis internet.

Latar belakangnya

Teknologi telah mengubah perilaku manusia, termasuk cara kita berbisnis. Bisnis saat ini tidak lagi dalam lingkungan tradisional di mana kita harus bertemu langsung dengan klien kita. Hampir sebagian besar bisnis saat ini dilakukan secara online melalui media Internet. Terlebih lagi saat pandemi Covid-19 terjadi di dunia. Dimana pandemi ini sepertinya akan semakin mengukuhkan kedigjayaan bisnis online melalui internet. Nah, untuk rekan semua apakah saat ini sudah memanfaatkan internet untuk memulai, mempertahankan atau meningkatkan bisnis.

Apa itu Bisnis Online atau Bisnis Internet?

Untuk lebih memahami apa itu bisnis online via internet, ada baiknya kita membahasa satu pertanyaan dasar yang masih sangat banyak dicari di Internet yaitu : “Apa itu bisnis online atau bisnis internet?”
Merujuk dari blog Niaga Hoster bahwa

Bisnis Online adalah aktivitas bisnis seperti jual-beli, pelayanan kepada konsumen, promosi, dan sebagainya dilakukan secara online.

Sekarang saya akan coba menguraikan apa itu bisnis online dan apa itu bisnis internet.
Dimulai dari pengertian bisnis itu sendiri. Bisnis pada dasarnya adalah proses pertukaran atau transaksi jual beli, dimana ada produk atau jasa yang dijual dan konsumen sebagai pembeli. Proses ini biasanya dilakukan melalui media seperti pasar, toko atau media lainnya. Nah, bisnis online adalah proses jual beli yang menggunakan media online termasuk internet, sebagai media transaksinya.

Sejarah Bisnis Internet sebagai bagian dari Bisnis Online.

Bisnis online yang merupakan kelanjutan dari bisnis offline. Perbedaan yang sangat jelas anatar bisnis online dan offline adalah dimana bisnis online ini penjual dan pembeli tidak harus bertemu di tempat yang sama, seperti bisnis offline pada umumnya.
Sejarah bisnis online ini diawal perkembangannya menggunakan media seperti telepon dan televisi. Itulah mungkin kenapa bisnis ini disebut bisnis online, karena orang yang sedang menelpon sering disebut on-line call. Masih ingatkah sobat, dulu pernah ada home shopping yang disiarkan di televisi dimana pembeli bisa memesan produk melalui telepon. Mungkin bisnis metoda ini masih dijumpai, namun sudah jarng ya. Pada perkembangan bisnis online selanjutnya menggunakan media website berbentuk forum. Contoh yang pernah saya tahu adalah forum jual beli atau fjb milik situs forum kaskus.id. Kemudian berkembang lagi dengan menngunakan telepon di era Blackberry Messenger. Dan kemudian berkembang menjadi situs ecommerce yang memanfatkan internet sebagai media utamanya.

Fungsi Internet sebagai media pembayaran online yang mendukung bisnis online


Internet pada awalnya digunakan sebagai media berbagi informasi, satu arah yang lebih dinenal dengan web 1.0. Kemudian berkembang menjadi media komunikasi 2 arah dimana ada interaksi antara pengguna, ini disebut sebagai web 2.0 atau web sosial.
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, kemudian media internet digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dan perbankan. Transaksi pembayaran online ini disusul kemudian dengan terciptanya mata uang digital seperti paypal, gopay bahkan mata uang cripto seperti bitcoin yang berbasis crypto.

Bisnis Internet adalah bagian dari Bisnis Online.
Jika mencoba mencari apa perbedaan andata bisnis online dan bisnis internet. Menurut saya dapat diuraikan dari penjelasan sejarahnya diatas bahwa bisnis internet adalah bagian dari bisnis online. Jadi Bisnis online itu lebih umum, bisa menggunakan media telepon. televisi yang sifatnya online atau antara penjual dan pembeli tidak bertemu langsung.

Model Bisnis Online

BisnisInternet.id melansir dari situs Smallbisnis dot com, ditinjau dari pelakunya (penjual dan pembeli), bisnis internet dikategorikan menjadi 3 kelompok model, yaitu:
1. Bisnis ke Konsumen
Bisnis ke konsumen yang diadopsi dari bahasa Business to consumer atau dikenal juga sebagai B2C, dimana produsen menjual langsung produk/jasa ke konsumen akhir (end-user) melalui media internet.
2. Bisnis ke Bisnis
Business to business atau B2B dimana transaksi bisnis dilakukan dari satu model bisnis ke model bisnis lainnya. Contohnya adalah bisnis dropship,affiliate ataupun reseller. Dimana produsen menjual kepada penjual perentara sebelum mencapai konsumen pengguna akhir produk/jasa atau end-user.
3. Konsumen ke konsumen
Consumer to consumer atau C2C adalah bentuk paling jadul dari bisnis, dimana pertukaran produk antara konsumen atau barter.
Penjelasan lengkap mengenai model bisnis internet ini akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top