Close

Memahami Apa itu Analisis Bisnis, Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Bisnis Kuliner

Apakah rekan pebisnis atau yang ingin membuka bisnis pernah sudah tahu atau pernah melakukan ANALISIS BISNIS?
Sebelum membahas lebih jauh tentang analisis bisnis, baiknya kita memahami apa pengertian analisis bisnis itu sendiri.

Pengertian dan manfaat Analisis Bisnis

Menurut situs wikipedia, Analisis bisnis (Business Analysis) adalah disiplin ilmu yang mempelajarai proses dan teknis /cara secara profesional untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan menentukan solusi untuk masalah bisnis.
Dari pengertian ini apakah sudah tergambar manfaat dari analisis bisnis? Manfaat analisis bisnis setidaknya dapat mengidentifikasi kebutuhan akan bisnis dan menemukan solusi terhadap kendala atau tantangan bisnis yang ada dan mungkin terjadi.
Apapun jenis bisnisnya, baik itu yang dijalankan secara offline, online ataupun gabungan keduanya tentu memerlukan analisis bisnis. Analisis Bisnis ini menjadi hal yang wajib pada setiap bisnis

Kapan Sebaiknya ANALISIS BISNIS dilakukan

Analisis bisnis seharusnya dilakukan sebelum memulai bisnis, saat menjalankan bisnis dan bisa melakukan analisis prediktif bisnis untuk masa depan dengan bantuan Machine Learning dan Data Science.

Analisis bisnis bagi pelaku bisnis sejatinya pasti pernah dilakukan, setidaknya diawal-awal sebelum membuka bisnis atau usaha.
Memulai bisnis tanpa ada analisis sebelumnya, tentu akan membuat bisnis tersebut menjadi kurang optimal dan cenderung beresiko, karena pelaku bisnis tidak mengetahui peluang dan ancaman yang ada dan mungkin dapat terjadi.
Namun Analisis Bisnis yang dilakukan disaat bisnis sedang berjalan juga tidak kalah pentingnya untuk keberlanjutan bisnis atau usaha itu sendiri.
Bahkan dengan teknologi Machine Learning analisis bisnis dapat dilakukan untuk memprediksi peluang dan tantangan di masa depan.
Bagaimana, apakah rekan pebisnis atau yang ingin membuka bisnis masih ragu atau belum tahu cara melakukan ANALISIS BISNIS?
Sebelum membahas lebih jauh tentang analisis bisnis, baiknya kita memahami apa pengertian analisis bisnis itu sendiri

Perlukah pebisnis kecil dan perorangan melakukan analisis bisnis?

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ingin membuka usaha secara sadar atau tidak Analisa bisnis pasti dilakukan.
Walaupun mungkin analisis bisnis tersebut tidak dilakukan secara mendalam dan tidak didokumentasikan.
Contohnya saat rekan ingin membuka bisnis CAFÉ atau RESTO, setidaknya ada analisis atau riset calon pelanggan atau target pasar dan estimasi modal dan target pendapatan. Pada dasarnya analisa terhadap bisnis dimaksudkan agar bisa meminimalisir ataupun untuk mengantisipasi kemungkinan risiko pada bisnis, resiko kerugian misalnya, dan mengoptimalkan sumberdaya.

Jadi kesimpulannya, analisis bisnis sudah pasti diperlukan baik bagi pelaku perseorangan, kecil, menengah dan terlebih lagi pengusaha dan perusahaan / entreprise.

Bagaimana cara melakukan ANALISIS BISNIS sederhana?

Analisis bisnis dapat meliputi kegiatan riset, perencanaan, prediksi atau estimasi, serta evaluasi.
Analisis bisnis dilakukan dengan maksud meminimalisir risiko dan mengoptimalkan potensi dan strategi.
Salah satu analisis bisnis sederhana yang umum dilakukan adalah analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity, dan Threats).
Penjelasan singkat dari empat komponen analisis SWOT yaitu
– Strengths (Kekuatan) atau apa kelebihan dari bisnis yang akan dijalankan
– Weakness (Kelemahan) atau apa semua kelemahan dari bisnis yang akan dijalankan
– Opportunity (Kesempatan) atau apa peluang yang teridentifikasi dan dapat dimanfaatkan
– Threats (Ancaman) atau apa hal yang teridentifikasi dapat menjadi ancaman dari bisnis yang akan dijalankan.

Praktek Analisa SWOT peluang bisnis kuliner

Bisnis kuliner salah satu yang akan terus dibutuhkan, terlebih disaat masa pandemi akan berakhir di tahun 2022, 2023 ini.
Bisnis kuliner bisa meliputi banyak bidang seperti bisnis cafe, bisnis rumah makan / restoran, bisnis angkringan, bisnis catering, bisnis makanan siap saji, dan lain sebagainya

Berikut contoh sederhana dan dapat dikembangkan.

Untuk lebih jelas lihat video youtube dibawah

dan tabel bisa di download disini

Demikian sharing tentang analisis bisnis dan praktek analisa usaha kuliner kali ini.
Saya Beni Oktopiansah dari bisnisinternet.id Bisnis dan Data Analyst dan Power BI Specialist.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top