Close

Cara Memanfaatkan Data Youtube Analytics untuk Meningkatkan View dan Subscriber

Di artikel video sebelumnya sudah kita bahas bagaimana melakukan analisis bisnis kuliner dengan metoda SWOT. Analisis ini dilakukan sebelum memulai bisnis. Jika bisnis sudah berjalan, bagaimana melakukan analisanya, apa yang di analisa?

Setelah bisnis berjalan, kita akan akan mempunyai data baik itu data pelanggan, data penjualan, biaya produksi, biaya promosi dan sebagainya. Intinya yang analisa bisnis yang sedang berjalan adalah analisa data yang terkumpul, untuk mendapatkan insight dari data yang ada. Data biasanya ditampilkan dalam bentuk tabel, dan di visualisaikan dalam bentuk grafik agar mudah dipahami.

Youtube Analytics sebagai contoh analisa dalam bentuk tabulasi dan grafik data

Contoh real data dari analisis bisnis yang bisa kita pelajari adalah data yang ada di channel youtube yang dikenal sebagai Youtube Analytics. Data ini dapat membantu rekan-rekan Youtuber lebih memahami berbagai hal yang mempengaruhi performa channel dan video untuk membantu rekan menyiapkan strategi konten. 

Untuk rekan pembuat konten youtube, apakah sudah tahu bagaimana cara memanfaatkan data yang ada di youtube analytics?

Fasilitas Youtube Analytics ini tersedia gratis pada seluruh channel yang ada, baik yang sudah monetize ataupun yang belum. Jika ingin meningkatkan jumlah penonton di channel YouTube kita, kita harus bisa membaca dan memahami performa channel youtube kita.

Bagaimana Cara Mengakses Youtube Analytics?

Untuk mengakses youtube analytics bisa melalui aplikasi handphone ataupun melalui web browser di komputer. Silahkan download Aplikasi YouTube Studio untuk Android atau login ke akun youtube studio di alamat 

dan aplikasi YouTube memberikan analisis sekilas dan mendalam untuk membantu Anda menganalisis video dan channel Anda. 

Mengapa analisis itu penting?

YouTube Analytics adalah alat berguna yang menunjukkan data channel untuk membantu Anda menyiapkan strategi konten.

Dengan YouTube Analytics, Anda dapat mengukur kemajuan Anda dalam meraih kesuksesan. 

Bagaimana Cara Membaca Data di Youtube Analytics

Youtube analytics dapat di akses dari web browser di studio.youtube.com atau mengunduh aplikasi Youtube Studio jika kita menggunakan smartphone.

Setealh login di akun youtube, pilih menu Youtube Studio dengan mengklik gambar/icon avatar yang ada di pojok kanan atas dan akses Youtube Studio.

Setelah masuk di Youtube Studio, pilih tab Analisa / Analytics yang ada di sebelah kiri.

Tampilan Youtube Analytics untuk Channel yang Belum Monetize ada 4 tab

  1. Ringkasan, di tab ringkasan ini disajikan bagaimana performa channel kita secara keseluruhan.
  2. Konten, di Tab Konten kita dapat memeriksa waktu tonton, penayangan, subscriber, untuk melihat apakah ada kemajuan terhadap sasaran yang kita tetapkan atau tidak.
  3. Penonton, di tab ini kita dapat melihat bagaimana interaksi penonton di channel youtube kita?. KIta dapat memeriksa apakah penonton menyukai dan menonton konten kita. Kitaa juga dapat mengetahui jumlah penonton yang menonton dan hal apa yang memancing minat mereka di setiap jenis video. Di tab ini juga kita dapat melihat ringkasan tentang jenis penonton yang menonton video kita. Termasuk jumlah penonton baru dan penonton yang kembali, penonton unik, subscriber, serta total pelanggan yang dimiliki channel Anda.
  4. Riset , ab Riset memberikan ringkasan tentang konten yang ditelusuri penonton channel kita dan penonton di seluruh YouTube. Saat artikel ini ditayangkan, fitur riset ini hanya menampilkan / tersedia di beberapa negara tertentu saja..

Untuk Channel yang sudah Monetize akan ada tab ke-5 yaitu

  1. Pendapatan, berapa banyak uang yang saya hasilkan dengan channel saya? Gunakan tab Pendapatan untuk mengetahui video mana yang paling banyak menghasilkan uang dan sumber pendapatan mana yang paling menguntungkan.

Untuk lebih jelas bisa melihat video yang saya buat di channel youtube saya dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top